Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Selasa, 04 Oktober 2011


Inilah Cara Mudah Merubah Kebiasaan Dalam Hidup

Para ahli mengatakan bahwa sesungguhnya otak manusia terdiri neuron-neuron yang bekerja bersama dan menjalin kesatuan, dengan pola yang sama dari waktu ke waktu. Anda mengenalnya sebagai kebiasaan. Tapi jangan khawatir, otak Anda dapat ‘dipaksa’ membangun sel-sel baru dan membentuk jalan menuju perilaku dan kebiasaan baru.

Berikut ini bagaimana mewujudkan perubahan-perubahan dalam hidup Anda, menurut psikolog James o Prochaska, Ph.D dan Carlo C. Diclemente:
http://www.sunangunungdjati.com/blog/wp-content/uploads/2011/07/hidup.jpg

1. Buat resolusi Anda tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Lakukan komitmen yang telah Anda janjikan pada diri sendiri, dan buatlah sedemikian rupa agar Anda tak memiliki pilihan lain selain melakukannya.

2. Memudahkan Diri Anda untuk Melakukan Tindakan.
Apakah tujuan Anda nyata? Kebanyakan orang gagal karena sulit mengubah tujuan menjadi nyata. Untuk berhasil, Anda harus tahu apa tindakan yang akan Anda lakukan. Misalnya, resolusi Anda adalah ingin memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai. Terjemahkan ke dalam aksi yang nyata, seperti Anda akan menyisakan setengah jam sehari untuk berjalan-jalan.

3. Hindari Pemakluman.
Apa alasan utama Anda saat tidak menepati janji terhadap resolusi Anda? Lupa? Sibuk? Hilang semangat? Atau tak tahu bagaimana memulainya? Buat daftar alasan-alasan yang biasa Anda kemukakan. Buatlah strategi untuk mengatasinya.

4. Manfaatkan Deadline Sebagai Pemicu.
Sebagian besar dari Anda seringkali terpacu untuk melakukan sesuatu setelah deadline semakin dekat. Buatlah deadline yang membuat Anda bertindak, entah itu wawancara kerja, reuni atau hari pernikahan. Niscaya semangat Anda terpacu untuk sungguh-sungguh melakukan perubahan sebelum hari-H tiba.

5. Buat Jadwal.
Jadwalkan apa yang ingin Anda lakukan. Tulis dalam agenda Anda, perlakukanlah selayaknya janji yang Anda buat dengan seseorang. Jadwalkanlah dengan spesifik, kapan dan berapa lama Anda akan melakukannya.

6. Lakukan Setiap Hari.
Semakin Anda menjadikan janji Anda sebagai bagian dari keseharian, Anda akan memperlakukan hal itu sebagai rutinitas, sehingga tanpa terasa Anda melakukannya begitu saja tanpa beban lagi.

7. Pantau Perilaku Anda.
Penilaian menunjukkna bahwa perilaku yang terekam dalam tulisan akan membantu Anda menjadi lebih baik. Misalnya, dengan menuliskan seberapa sering Anda bersikap khawatir terhadap apa yang Anda hadapi, dan sebagainya.

8. Fokuskan Pada Horison.
Lihat seberapa jauh Anda telah melangkah, buka seberapa jauh lagi jarak yang harus Anda tempuh. Hal ini akan memberi Anda kekuatan untuk terus melangkah. Luangkan waktu sejejnak untuk merefleksikan apa yang telah berhasil Anda lakukan. Jadikan itu sebagai pemacu untuk tetap melanjutkan ‘perjuangan’ Anda.

9. Cari Rolemodel.
Bayi belajar dengan meniru, mengapa orang dewasa tidak? Temukanlah seseorang yang dapat menjadi contoh Anda melakukan perubahan. Apa yang ia lakukan dan tidak Anda lakukan? Jangan malu untuk bertanya kunci kesuksesan perubahannya. Sebagian besar orang senang jika dijadikan teladan.

10. Ajari Orang Lain.
Jalan terbaik untuk menyatukan diri dengan kebiasaan baru adalah dengan menjadi seorang mentor. Dengan mengajari orang lain, Anda akan terpacu untuk meningkatkan kualitas diri.

11. Perlakukan Diri Secara Wajar.
Lakukanlah yang terbaik. Pada saat tertentu Anda akan kehilangan orientasi atau membuat resolusi Anda berantakan. Saat itu terjadi, perlakukan diri Anda dengan wajar. Jangan tenggelam dalam rasa malu atau bersalah. Segeralah bangkit kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar