Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengenal Oei Tiong Ham (3) Asetnya Tersebar Di Seantero Dunia

foto: Di salah satu bangunan di jalan ini (sekarang Jalan Kepodang, Kota Lama) tempat kantor Oei Tiong Ham
Istana Oei Tiong Ham bukan hanya di Semarang. Dia juga membangun istana lain di Singapura dan di Beijing untuk anak kesayangannya Oei Hui Lan dari istri pertama Geoi Bing Nio. Belum lagi rumah rumah mewah yang dia miliki di London, Paris dan Amerika.
Rumah Di London merupakan hadiah perkawinan untuk putri sulungnya Tjong Lan (kakak Oei Hui Lan). Seluas 2 hektar dengan harga 200.000 Poundsterling pada tahun 1913.
Istana di Beijing ini bukan gedung sembarangan. Bangunan mewah itu didirikan oleh Raja China dari Abad 17 untuk seorang gundiknya. Di istana itulah kemudian presiden China pertama Dr. Sun Yat Sen meninggal tahun 1925. Tempat itu dibeli Tiong Ham pada sekitar tahun 1920 dengan harga 100.000 US Dolar plus 150.000 US Dolar lagi untuk dekorasi rumah itu. Istana itu memiliki 200 ruangan, 80 kamar, dan kolam renang mewah model Eropa.
Tiong Ham masih menghadiahi putri emasnya itu dengan rumah mewah di Singapura. Tak kalah mentereng, rumah ini memiliki 40 kamar tidur dan kolam renang mewah model Eropa.
Yah, kekayaan 200 juta gulden pada masa itu memang luar biasa banyaknya. Tiong Ham telah menjadi orang terkaya di Asia Tenggara bahkan Asia. Cabang bisnisnya menyebar hingga Bangkok, Singapura, Hong Kong, Shanghai, London dan New York. Ia menguasai sejumlah pabrik gula di Jawa, sebuah bank, broker di London dan armada kapal yang terdaftar di Singapura.(*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar