Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengenal Oei Tiong Ham (4), Punya Bakat Sugih Sejak Lahir

oei+tiong+ham
Oei Tiong Ham dikenal mempunyai bakat sugih sejak lahir. Selain berasal dari keluarga kaya, ia juga memiliki kecerdasan bawaan, pandai memanfaatkan kesempatan, mempunyai visi yang tajam, wawasan luas dan sangat disiplin serta bertanggung jawab.
Sifat-sifat menonjolnya itu sudah kelihatan sejak kecil. Ketika masih bayi, ayahnya memperlihatkan Peh Dji (perhitungan hari lahir) Tiong Ham kepada seorang peramal. Hasilnya si peramal mengatakan bahwa Tiong Ham memiliki Peh Dji sangat bagus. Ia diramal akan menjadi seseorang yang sangat tajam otaknya, mempunyai kedudukan mulia dan akan menjadi hartawan besar.
Bakatnya sebagai organisator dan pelobi ulung juga tergambar melalui sebuah cerita di masa kecilnya. Arkian, Tiong Ham memiliki banyak teman dan dia termasuk yang dituakan dalam kelompoknya. Suatu ketika ia mengajak para sahabatnya menonton pertunjukan Wayang Potehi di Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok, kompleks Pecinan.
Karena terburu-buru salah satu sahabatnya menyenggol beberapa dasaran pedagang hingga jatuh berantakan. Walhasil, beberapa pedagang itu menuntut sahabatnya untuk mengganti rugi. Semua teman-temannya ketakutan. Tapi tidak dengan Tiong Ham. Ia maju sendirian dan berkata kepada pedagang bahwa dirinya yang akan mengganti rugi. Ia lalu mengajak para pedagang menghadap ayahnya di rumahnya.
Tentu saja ayahnya kaget. “Kenapa kita jang moesti ganti, boekankah itoe anak jang bikin salah?” kata Oei Tjie Sien.
Namun dengan tenang oei Tiong Ham menjawab bahwa ia merasa bertanggungjawab karena dirinyalah yang mengajak sahabatnya menonton wayang. “Kerna owee jang adjak menonton wajang, maka owee-lah jang aken pikoel itoe risico, dimana toch owee ada lebih mampoe dari sobat owee.”
Puas dengan jawaban Tiong Ham, ayahnya pun bersedia membayar semua kerugian para pedagang.(*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar