Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Jumat, 24 Agustus 2012

Jangan pernah melupakan sejarah



 

Loading image...

    Itulah yang kurang lebih dikatakan oleh bapak proklamator kita, Ir. Soekarno. Sejarah sebuah negara bahkan sejarah dunia ialah suatu hal yang penting untuk diketahui, agar kita bisa belajar dari orang-orang yang telah lebih dulu hidup dari pada kita dan punya peranan penting bagi dunia ini. Tapi, apa yang terjadi jika sejarah yang selama ini kita pelajari tidak benar? Karena rupanya memang banyak sekali hal-hal dalam sejarah yang rupanya hanya mitos belaka namun akhirnya berkembang dan dipercaya oleh semua orang di dunia. Berikut ini, sebagian kecil mitos-mitos dalam sejarah dunia;
1.  1. Tentunya anda pernah mendengar nama Marco Polo. Seorang pengembara yang terkenal dengan perjalanannya ke Asia. Bahkan dalam sejarah yang kita pelajari ketika seklah dulu dikatakan bahwa Marco Polo pernah bertandang ke China dan beberapa daerah di Asia lainnya. Akan tetapi rupanya menurut seorang arkeologis Italia, perjalanan Marco Polo ke Asia hanyalah mitos belaka.
22. 2. Bagaimana hukum gravitasi bisa ditemukan oleh Sir Isaac Newton? Beberapa pihak menyatakan bahwa suatu hari, ketika sedang berteduh di bawah pohon apel, ada sebuah apel yang jatuh dan menimpa Newton. Lalu dari sanalah Newton terpikir tentang gravitasi. Kejadian jatuhnya apel ini merupakan mitos. Tidak ada kejadian seperti itu, yang sebenarnya adalah, kebiasaan Newton menggunakan apel untuk menganalogikan gravitasi, membuat beberapa pihak mengarang cerita jatuhnya apel.
3.   3. Tentunya anda pernah mendengar kisah Napoleon Bonaparte. Pria yang berhasil menguasai puluhan juta nyawa orang Eropa ini selalu digambarkan sebagai lelaki dengan perawakan yang pendek. Sebenarnya, Napoleon Bonaparte tidak pendek. Selama ini acuan ukuran tinggi badan Napoleon menggunakan standar ukuran Perancis yang lama, sementara sejarawan banyak menginterpretasikannya dengan standar yang baru, sehingga Napoleon terlihat pendek. Tinggi badan Napoleon adalah sekitar 170 cm, tinggi rata-rata orang Perancis ketika itu.
4.  4. Ilmuwan terbesar sepanjang sejarah dengan teori relativitasnya, Albert Einstein sering dikatakan dalam banyak buku, mengalami kegagalan dalam bidang matematika ketika sekolah dulu. Ini merupakan cerita yang salah, justru Einstein telah lebih dulu berpikir menjadi seorang matematikawan daripada fisikawan. Ketika ia bersekolah, standar nilai adalah 1-6, dimana nilai 1 adalah yang tertinggi dan 6 adalah yang terendah. Tak lama kemudian, standar nilai ditukar, sehingga nilai matematika Einstein yang harusnya sempurna menjadi sangat buruk.
5.    5.  Bukti sejarah dari negara Mesir yaitu Piramid, seringkali disangka dibuat oleh para budak yang dimiliki kerajaan. Sebenarnya, Piramid dibangun oleh buruh yang dibayar. Para buruh dibayar oleh pihak kerajaan untuk membangun makam para Firaun tersebut.
6.     6. Kisah Ratu Cleopatra yang cantik memang berakhir tragis. Sejarah mengatakan ia membunuh dirinya sendiri ketika kerajaannya berhasil ditaklukan oleh Romawi. Sejarah menyebutkan ia membunuh dirinya sendiri dengan membiarkan dirinya digigit oleh ular berbisa. Akan tetapi, sebenarnya penyebab kematian Cleopatra bukanlah ular, melainkan obat-obatan.
7.  7. Kutukan pada makam para Firaun menjadi suatu hal yang sering dibicarakan sepanjang sejarah. Ketika pembukaan makam Raja Tutankhamun tahun 1923, kejadian-kejadian menyangkut kutukan menjadi pembicaraan banyak pihak. Kabar bahwa orang-orang yang terlibat pembukaan makam meninggal dunia secara misterius seakan menjadi bukti kutukan pada makam tersebut. Akan tetapi rupanya hal tersebut salah, Lord Carvanon, salah seorang penyandang dana untuk ekspedisi makam Tutankhamun meninggal jauh sebelum tim ekspedisi sampai dan menemukan makam Tutankhamun, tetapi fakta ini sering diputarbalikan sehingga seakan-akan Lord Carvanon tewas akibat kutukan.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar