Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Kamis, 07 Juni 2012

Menentukan Masa Pergantian Tahun


<
Dalam menentukan masa pergantian tahun atau snio (chinese zodiac), ada dua pendapat yang berbeda. Pertama , pergantian tahun terjadi pada Chinese New Year (Tanggal 1 bulan 1 penanggalan Imlek). Kedua , Pergantian tahun terjadi pada lichun (awal musim semi) yang jatuh sekitar 4 Februari pada kalender Gregorian. Menurut saya, pendapat kedua (pergantian tahun jatuh pada lichun) lebih masuk akal. Karena posisi bumi terhadap matahari relatif sama pada waktu lichun.






Ada dua istilah untuk menyebut satu tahun yaitu [1] Sui = jarak antara dongzhi dengan dongzhi tahun berikutnya (Dongzhi jatuh sekitar tanggal 22 Desember pada kalender Gregorian). [2] Nian = jarak antara tahun baru imlek (zhengyue chuyi) dengantahun baru imlek berikutnya.
Sui lebih digunakan untuk merujuk kepada umur seseorang. Pergantian Sui memang terjadi pada Festival Dongzhi (festival musim dingin). Festival ini salah satu perayaannya adalah memakan tangyuan, sup cenel bulat berwarna-warni yang manis). Dulu waktu kecil sering diberitahu mama saya bahwa setelah makan tangyuan, kita akan bertambah umur setahun dan menjadi lebih dewasa.
Kebetulan , saya kurang suka makan cenel ini karena sering menempel di gigi sehingga biasanya cuma memakan 2-3 butir dan meminum sup manis tersebut supaya tidak mengecewakan mama yang telah susah membuatnya. Cenel di sini biasanya dibuat agak besar berisi kacang merah atau kacang hijau ataupun dengan sayur atau daging yang asin. Jadilah sup cenel itu tak harus manis rasanya.

Pergantian snio (Chinese Zodiac) tidak mengikuti aturan Sui (dari dongzhi ke dongzhi berikutnya) . Selama ini ada beberapa kali perubahan dalam menentukan awal tahun, dalam Xiali (kalender dinasti Xia) awal tahun jatuh pada bulan Yin (sekitar 4-5 Februari), kemudian waktu dinasti Shang awal tahun jatuh pada bulan Chou (sekitar 5-6 Januari). Pada dinasti Zhou awal tahun ditentukan pada bulan Zi (sekitar 7-8 Desember).

Pada reformasi kalender Taichu waktu pemerintahan Han Wudi, awal tahun kembali ditetapkan pada bulan Yin. Hal ini yang berlangsung hingga sekarang. Umumnya tahun baru ditentukan sebagai awal bulan (bulan gelap) yang terdekat dengan lichun, walaupun terjadi pekecualian pada tahun2 tertentu. Misalnya pada tahun 1985, lichun lebih dekat ke awal bulan 12 tahun sebelumnya dibandingkan dengan awal tahun baru.
Salah satu member berpikir bahwa tabel Lichun itu dibuat dengan asumsi pengamat ada di Greenwich, England (longitude 0), disusul asumsi berikutnya bahwa pengamat ada di daerah dekat Beijing, China. Padahal sejak tahun 1928 dan diberlakukan mulai tahun 1928 , perhitungan kalendar Tionghua didasarkan pada garis bujur (meridian) standard 120° BT. Sebelumnya, perhitungan memang berdasarkan pada meridian Beijing (116°25' BT). Jarak antara (116°25' BT) dan 120° BT sekitar 200 kilometer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar