Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Rabu, 13 Juni 2012

Marga: Top 100

Marga. Tiap keluarga dalam suku bangsa apa pun mempunyai marga atau nama belakang yang diwariskan secara turun-temurun kepada anak-cucu mereka.

Dalam masyarakat China, dikenal 百家姓: Bǎijiāxìng, buku berisikan 411 marga dan kemudian berkembang menjadi 504 marga, yang disusun pada masa dinasti Song *sumber: Wikipedia Marga tersebut diwariskan turun-temurun secara patriakat sampai saat ini, meski sudah tidak lagi berdomisili ataupun berkewarganegaraan China.

Dari 504 marga "utama" kemudian berkembang menjadi 4.100 marga. Berikut 100 marga yang paling banyak "peminat"-nya dalam karakter hanzi dan pinyin Mandarin.
-100 Marga Berdasarkan Populasi-
Sumber: Penelitian Yuan Yida, lupa link sumber utamanya
Dari hanzi yang sama menghasilkan pelafalan berbeda-beda berdasarkan masing-masing negara dan juga bahasa daerah yang digunakan dalam keluarga. Hasilnya, ejaannya pun berbeda-beda. Misalnya, 李 Li bisa dieja menjadi Li, Lee, Lie, Lei, Ly atau Ri.

Baru tau juga kalo 黄 Huang atau Bong ternyata sama aja dengan Wang, Hwang, Hoang, Ng, Eng, Wee, Oei, Ooi, Uy, dan Ung. Ilmu memang tidak bisa instan ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar