Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Selasa, 19 Juni 2012

Istri kedua dari Adam

Lilith adalah karakter dalam mitologi Yahudi, pertama kali disebutkan dalam Talmud Babel, yang berkaitan dengan kelas setan perempuan dalam teks-teks Mesopotamia.
Lilith oleh John Collier,
Atkinson di Southport
Galeri seni
Alphabet abad ke-9 dari Ben Sira mengatakan bahwa Lilith adalah istri pertama Adam, yang diciptakan pada saat yang sama seperti Adam, dan dari bumi yang sama. Ini kontras dengan Hawa, yang diciptakan kemudian dari salah satu tulang rusuk Adam.
Legenda Lilith kemudian sangat berkembang selama abad pertengahan, dalam tradisi midrashim Aggadic dan Zohar. Menurut risalah ini pada emanasi Kiri, sebuah karya oleh Rabbi Isaac ben Yakub Alfasi ha-Cohen dari Spanyol (abad ke-13), Lilith meninggalkan Adam setelah menolak untuk tunduk kepadanya, dikawinkan dengan Samael penghulu malaikat, dan kemudian menolak untuk kembali ke Taman Eden. Zohar mengatakan bahwa dia dan Adam sangat senang sampai suatu hari Adam mengatakan kepadanya bahwa dia harus pergi dan nama binatang. Lilith sangat marah, dan 'lolongan seperti anjing. Dia meminta dengan Adam untuk membawanya juga, agar ia juga bisa diketahui jenis hewan. Adam menolak dan perintah untuk tinggal dengan Efrat. Kemudian Lilith memanggil Asmodeus, raja setan. Dalam cerita rakyat Yahudi abad pertengahan, Lilith adalah istri dari Asmodeus, raja setan. Lilith dan Asmodeus dianggap membuat keturunan setan tanpa henti, dan Lilith digambarkan sebagai penyihir bayi-membunuh.
Ada mungkin sudah menjadi acuan untuk Lilith dalam Kitab Kejadian. Sedangkan bab kedua menjelaskan penciptaan Hawa dari tulang rusuk Adam, bab pertama menunjukkan bahwa seorang wanita telah dibuat: "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia, laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka . "
Menurut mistisisme Kabbalistik, Lilith tidak diciptakan oleh Allah, namun muncul dari salah satu dari sepuluh atribut (sefirot) Allah bahwa pada manifestasi terendah memiliki afinitas dengan dunia kejahatan.
Dalam Luciferianisme, Lilith adalah istri Lucifer, dan ketika mereka kawin, mereka membentuk makhluk berkelamin dua. Makhluk ini adalah Baphomet terkenal, atau Kambing Mendes, yang Ksatria Templar diduga telah disembah. Lilith disebut sebagai ibu sesungguhnya dari Kain, sebagai lawan Hawa.
Lilith menemukan disebut-sebut di Goethe Faust: Bagian Pertama dari Tragedi.


Pada akhirnya, legenda Lilith adalah sebuah gambaran dari efek mengganggu dan merusak seksualitas perempuan dicentang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar