Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Jumat, 10 Februari 2012

SEKILAS KUALITAS BATU MULIA

Kualitas batu mulia bergantung pada sifat-sifat karakter yang ada pada batu mulia tersebut. 4diantaranya dapat dengan mudah diingat dengan rumus 4C: color,clarity,cut,dan carat.

Color
bila kita tinjau warna dari sebuah batu mulia warna yang kuat,cemerlang,dan indah adalah warna dari batu mulia yang sangat berharga,kekuatan dari warna suatu batu mulia biasa disebut dengan "intensity",contohnya.

aspek yang lain dari warna sebuah batu mulia yang bisa menetukan harga sebuah batu mulia adalah "warna yang langka",maksudnya dan contohnya: golden-pink topaz(imperial topaz) lebih mahal harganya dari pada blue topaz,dengan kualitas batu dan warna yang sebanding,mengapa demikian?? itu karena imperial topaz lebih susah ditemukan daripada blue topaz. dan inilah yang dimaksud dengan "warna yang langka" atau "rarity"

contoh bagaimana color(warna) mempengaruhi harga sebuah amethyst/kecubung:
Free Image Hosting warna pada gambar disamping menunjukan warna amethyst/kecubung yang terlalu muda batu seperti ini memiliki warna yang pucat dan kurang menarik maka batu amethyst/kecubung dengan warna ini kurang berharga atau berharga murah.
Free Image Hosting warna pada gambar disamping menunjukan warna amethyst/kecubung yang lebih bagus daripada gambar diatas.warna pada batu disamping lebih kuat dan lebih attractive tapi masih bukan warna yang paling bagus
Free Image Hosting warna pada gambar disamping menunjukan warna amethyst/kecubung yang paling bagus atau kualitas no 1.memiliki warna yang kuat,warna ungunya tua.
Free Image Hosting warna pada gambar disamping menunjukan warna amethyst/kecubung yang langka dan tentunya berharga paling mahal..karena batu kecubung ini selain memancarkan warna ungu,juga memancarkan warna kemerahan.

Clarity
calrity biasa dilihat dari tingkat kejrnihan suatu batu permata/serat" mineral yang ada dalam batu mulia tersebut.
pada umumnya batu yang jernih memiliki harga yang mahal..atau batu kualitas yang paling bagus.

berikut adalah beberapa contoh clarity dalam batu blue sapphire.
Free Image Hosting poor clarity/clarity jelek adalah seperti gambar dismping,batu sapphires ini tidak tembus pandang atau dalam istilahnya opaque,bahkan bila kita melihatnya dengan bantuan cahaya,kita tetap tidak bisa melihat kedalam batu tersebut.maka batu ini memiliki kualitas jelek dan berharga murah.
Free Image Hosting clarity sapphire ini lebih bagus dari yang diatas,karenaa kita masih bisa melihat kedalam batu tersebut dalm kata lain batu tersebut cukup jernih, akan tetapi warna biu yang pucat pada batu tersebut,seperti gambar disamping.mengakibatkan batu sapphire ini tidak begitu berharga mahal atau masih murah, atau kualitasnya masih jelek.
Free Image Hosting sapphire pada gambar,memiliki calirity cukup bagus,dan warna biru yang kuat serta tingkat kejernihan yang cukup bagus.sehingga bila batu tersebut kita beri cahaya maka cahaya tersebut akan tembus dan kita bisa melihat batu tersebut transparant.batu seperti inilah yang biasanya banyak terdapat pada penjualain batu permata berkualitas,dan dengan harga medium atau rata".
Free Image Hosting sapphire seperti gambar ini memiliki tingakt kejernihan yang sangat bagus,sapphire tersebut mengeluarkan kilaun yang sangat indah,sapphire seperti inilah yang berharga sangat mahal,karena kualitasnya yang bagus.

Carat
dalam penjualan batu mulia, batu" tersebut dijual per carat
khususnya precious gemstone seperti Ruby,Zamrud,Sapphires
carat juga biasanya menentukan semahal apakah batu tersebut,tetapi tidak hanya itu saja, sebagai contoh ruby dengan kualitas warna dan cutting yang no.1 dijual dangan harga $700,per carat.tetapi ruby dengan kualitas yang sama dan sebanding dengan berat 5 carat tidak dijual dengan harga $700x5 =$3500, tetapi dengan harga $10000. itu karena ruby dengan kualitas tersebut dan seberat 5 carat sangatlah langka.

demikian tentang kualitas batu mulia,akan tetapi dalam kualitas batu mulia tersebut hanya Natural stone saja yang berharga bagus,karena pada saat ini banyak batu yang dijual setelah ditreatment.atau dijual tidak seperti saat batu itu ditambang.melainkan sudah di"dandani' oleh manusia

nah dalm postingan saya yang lain, saya akan menjelaskan tentang treatment pada batu mulia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar