Whitney Houston - One Moment in Time .mp3
Found at bee mp3 search engine

Jumat, 17 Februari 2012

Bedug Pendowo Purworejo

Mengunjungi Purworejo rasanya tak lengkap kalau tidak mampir ke Masjid  Darul Muttaqin Purworejo,yang terkenal dengan Bedug Pendowonya, Bedug terbesar di Indonesia bahkan katanya terbesar di dunia. beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menyaksikan Bedug terbesar di dunia tersebut. bentuknya memang luar biasa besar untuk ukuran sebuah bedug.Masjid Darul Muttaqin dimana Bedug Pendowo berada terletak di sisi barat alun-alun Purworejo.

Bedung Pendowo panjangnya 292 cm, garis tengah depan 194 cm, garis tengah belakang 180 cm, keliling bagian depannya 601 cm, sedangkan keliling bagian belakangnya 564 cm, jumlah paku  yang terpasang sekitar 120 buah di bagian belakang dan 98 buah di bagian belakangnya. Bedug pendowo terbuat dari pohon jati bercabang lima (pendowo) yang berasal dari dukuh Pendowo, desa Bragolan, Purwodadi Purworejo.dan di buat sekitar tahun 1762 Jawa atau 1834 Masehi dan di bunyikan setiap hari Jumat dan peringatan hari-hari besar Islam.

Pembuatan Bedug Pendowo atau juga oleh masyarakat sekitar di sebut juga dengan Kyai Bagelen ini atas inisiatif Bupati pertama Purworejo Raden Tumenggung Cokronegoro pertama untuk melengkapi Masjid Agung Darul Muttaqin.
Halaman Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo
Masjid Agung Darul Muttaqin di liat dari alun-alun Purworejo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar